Program Strategis

1. Menyapa Negeri

Adalah Program Strategis YKIM dalam menyiapkan mental & karakter manusia Indonesia yang berbudi luhur, berTaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan siap menghadapi tantangan dan perubahan jaman. Menyapa Negeri diejawantahkan dalam kegiatan umum yang melibatkan masyarakat luas seperti menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan seminar Karakter Bangsa, Tanggap Bencana dan Leadership ( Pelatihan Kepemimpinan ).

Dengan kolaborasi pendanaan CSR dari perusahaan swasta dan BUMN diharapkan kegiatan Menyapa Negeri bisa memberi kontribusi yang cukup dalam membantu pemerintah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia.

2. Benteng Negeri

Adalah Program Strategis YKIM dalam membantu program pemerintah memerangi bahaya Narkoba yang telah merugikan masyakat secara luas dan mengancam generasi muda bangsa.

Program Benteng Negeri mengutamakan pendekatan populis ke basis-basis masyarakat yang menjadi sasaran peredaran Narkoba seperti sekolah, lingkungan rumah tinggal dan tempat hiburan malam.

Benteng Negeri juga akan aktif memberikan informasi bahaya penggunaan Narkoba dan menekan peredaran Narkoba dengan berbagai cara kreatif yang ada dan berkembang di masyarakat seperti dengan menguatkan simpul keagamaan, paguyuban lingkungan dan karang taruna. Sehingga deteksi dini peredaran dan penggunaan bisa berjalan dengan tepat sasaran.

3. Ceria Indonesia

Adalah Program Strategis YKIM dalam menyeimbangkan kegiatan belajar siswa/i milineal antara di dalam lingkungan sekolah dan di luar sekolah. Menggiatkan sosialisasi anak-anak, remaja hingga kaum muda bangsa untuk saling berinteraksi dan mengenal alam lebih dekat.

Ceria Indonesia akan dikampanyekan menjadi salah satu tugas wajib lembaga pendidikan formal mulai dari pra sekolah hingga Perguruan Tinggi dalam mendidik siswa/i nya untuk lebih mencintai lingkungan dan bisa berkreatifitas dari kekayaan alam yang ada di sekitarnya

Paket-paket aktifitas Outbound yang dikelola oleh team yang berpengalaman dan dipantau ahli psychology yang mengarahkan bentuk kegiatan sesuai dengan kondisi dan segment siswa/i yang diharapkan bisa memberi keceriaan dan kreatifitas yang bernilai positif.

4. Sahabat Baitullah

Sahabat Baitulloh YKIM adalah program pembuka jalan dari impian jutaan muslim di Indonesia untuk bisa pergi ke Baitullah Ka’bah di Saudi Arabia.

Keutamaan Program Sahabat Baitullah YKIM adalah kemudahan & keringanan cara pembayaran dan administrasi sehingga semua masyarakat muslim di desa maupun di kota bisa UMROH & Haji secepatnya.

Didukung pembiayaan Syariah yang telah memiliki Fatwa MUI sehingga tidak diragukan hukum syariahnya. Dengan keuangan yang kuat dan tidak terbatas sehingga ribuan jama’ah UMROH dan Haji InsyaAlloh bisa diberangkatkan melalui program Sahabat Baitullah setiap tahunnya.

5. OjEK-ONLINE Indonesia

Ojek Online Indonesia YKIM adalah program kekinian yang akan memberi solusi bagi 1 juta pengemudi motor dan mobil berbasis online. Kelebihan Ojol Indonesia YKIM dibanding operator raksasa Ojol saat ini adalah tidak adanya potongan komisi berdasar prosentase. Artinya setiap hari pengendara / mitra hanya cukup berkontribusi Rp 10 ribu untuk motor dan Rp 20 ribu untuk mobil dimana dana tersebut menjadi iuran wajib sebagai anggota Koperasi Ojol Indonesia YKIM

Ojol Indonesia YKIM diyakini akan menjadi model bisnis berbasis online yang bisa menguntungkan semua pihak. Mulai dari mitra pengemudi, pemerintah pusat dan daerah, pengguna jasa dan pemodal.

6. Alam Indonesia

Program Alam Indonesia YKIM adalah salah satu program unggulan YKIM dalam menyelaraskan program pemeliharaan lingkungan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.

Program Alam Indonesia YKIM dimulai dari program Pemeliharaan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Sungai Opak – Jogjakarta sehingga mencegah pendangkalan dan banjir saat musim penghujan. Di sisi lain, potensi wisata air dan perekonomian setempat bisa dibangun dan dikembangkan.

Projek pemeliharaan serupa juga akan diterapkan di sejumlah aliran sungai di Pulau Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Sehingga diharapkan manfaat dan berbagai potensi wisata dan ekonomi bisa berkembang luas seiiring dengan pelestarian lingkungan.

7. Cahaya Indonesia

Program Cahaya Indonesia diinisiasi oleh Dewan Pengurus YKIM dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi yang distimulus dengan energi listrik dan cahaya yang masuk ke segenap penjuru tanah air Indonesia.

Wilayah – wilayah yang belum tersentuh jaringan listrik dan belum tersinari cahaya degan Cahaya Indonesia diharapkan dalam 5 tahun ke depan sudah bersinar. Dengan formula cost/biaya pemasangan infrastruktur lampu LED dari perusahaan nasional besar yang berbasis di Pasuruan-Jawa Timur siap mendukung program ini.

Generator yang efisien dan berkualitas dengan teknology terkini juga disiapkan untuk mendukung penerangan dan cahaya Indonesia.

8. Indonesia Bersih

Program Indonesia Bersih sebagai salah satu program Sosial YKIM dalam membantu pemerintah menjaga kelestarian lingkungan dan mendorong kesadaran hidup sehat dan sejahtera di desa-desa seluruh Indonesia. Program Indonesia Bersih memfocuskan pada inisiatif pengolahan sampah organik dan non-organik yang selama ini menjadi masalah laten yang mengganggu kesehatan dan merusak lingkungan.

Penerapan teknologi pembakaran sampah dengan nilai ekonomis di desa-desa dipercaya akan menjadi salah satu alternatif solusi yang bisa segera dilakukan. Penyediaan jasa tenaga kebersihan (Cleaning Service) yang terampil, profesional dengan biaya yang bersahabat siap berkolaborasi dengan Instansi dan perusahaan swasta.

 

9. Indonesia Cerdas

Program Indonesia Cerdas ditujukan untuk menyiapkan pelatihan tanggap bencana baik yang disebabkan alam seperti gempa bumi, gunung meletus, tsunami, longsor hingga bencana seperti pesawat jatuh, kapal tenggelam,dsb.

Pelatihan tanggap bencana ini khusus mensosialisasikan petani dan nelayan mengenai jenis bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi dan bagaimana menghadapinya.

Indonesia Cerdas juga menyiapkan infrastruktur WiFi di desa-desa untuk membantu masyarakat mengakses berbagai informasi pengetahuan dan IPTEK serta mengkonsolidasikan masyakat desa ke dalam cashless society dan program-program aplikasi Desa lainnya

a dan semakin solid di masa depan.

10. Indonesia Bugar

Program Indonesia Bugar bertujuan mencetak bibit unggul atlet-atlet berbagai olahraga di masing-masing wilayah yang akan diseleksi untuk menjadi atlet nasional yang siap berpretasi di pentas kawasan Asia Tenggara hingga Dunia.

Dimulai dari pelaksanaan pertandingan di kecamatan kemudian di Kabupaten/Kota hingga di Provinsi dan Nasional. Berbagai jenis cabang olahraga seperti Sepakbola, bola voli, pencak silat, bulutangkis, dsb. Dipertandingkan dengan tujuan menjaring potensi atlet anak negeri di berbagai pelosok daerah di Indonesia untuk bisa dipersiapkan menjadi atlet nasional yang unggul.

Indonesia Bugar juga bertujuan mensosialisasikan pentingnya olahraga dalam menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat imunitas tubuh dari kemungkinan serangan virus atau penyakit.

11. Ramah Indonesia

Program Ramah Indonesia bertujuan mensosialisasikan kendaraan berbasis energi listrik dengan kualitas yang unggul dan harga terjangkau. Untuk tahap awal, bekerjasama dengan produsen motor listrik swasta nasional diharapkan penggunaan motor listrik karya anak bangsa bisa memasyarakat dan menjadi gaya hidup berkendara yang ramah lingkungan.

Motor listrik produksi anak negeri sebagai bukti kemajuan teknologi  yang berbasis sumber energi terbarukan dan secara bertahap mengurangi ketergantungan atas sumber energi minyak bumi yang kian menipis dan meringankan beban import.

Dipasarkan ke Instansi pemerintah, TNI, Kepolisian, Kejaksaan, Aparat Desa, Dokter dan Mantri desa diharapkan motor listrik bisa menjadi gaya hidup baru masyarakat Indonesia.

 

12. Peduli Indonesia

Program Peduli Indonesia sebagai muara dari delapan program YKIM sebelumnya adalah memberi bantuan sosial mulai dari bingkisan siap saji korban bencana hingga donasi untuk membangun pesantren, rumah ibadah, panti jompo dan program sosial lainnya seperti sunatan massal, pengobatan gratis, dan santunan kaum fakir miskin dan dhuafa.

Program Peduli Indonesia juga mengakomodir penggalangan dana untuk pembangunan rumah ibadah seperti masjid & mushola. Pesantren rumah tahfiz dengan penggunaan aplikasi khusus di smart phone

Dengan Peduli Indonesia diharapkan kepekaan sosial dan kekuatan nasional tetap bisa terjaga dan semakin solid di masa depan.